PPID (PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI )

Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya. Setiap orang juga  berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengetahui dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia. Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting pemerintahan demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

Keterbukaan informasi publik merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan pemerintahan/badan publik dan segala sesuatu yang berakibat pada kepentingan publik. Untuk selanjutnya pengelolaan informasi dan dokumentasi publik merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan masyarakat informasi. Keterbukaan informasi publik merupakan jaminan hukum bagi setiap orang memperoleh informasi sebagai salah satu hak asasi manusia, sebagaimana diatur dalam UUD 1945 Pasal 28 F, yang menyebutkan bahwa setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, dan menyimpan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.
Hak atas informasi menjadi sangat penting karena makin terbuka penyelenggaraan negara untuk diawasi publik, penyelenggaraan negara tersebut makin dapat dipertanggungjawabkan. Hak setiap orang untuk memperoleh informasi juga relevan untuk meningkatkan kualitas pelibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan publik.

Melalui mekanisme pelayanan informasi dan dokumentasi publik   dengan prinsip keterbukaan maka akan tercipta pemerintahan yang baik. Dengan dibukanya akses publik terhadap informasi diharapkan Badan Publik termotivasi untuk bertanggungjawab dan berorientasi pada pelayanan publik, guna terciptanya  paradigma tata kelola pemerintahan yang baik  (good governance), yakni terwujudnya kepemerintahan yang  demokratis, transparan, akuntabel dan adanya partisipasi masyarakat dalam berbagai proses perumusan kebijakan publik dapat tercapai.

Sebagai bentuk komitmen dan dukungan Pemerintah Kota Probolinggo terhadap keterbukaan informasi publik dan wujud pernyataan kepatuhan kepada Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), maka Pemerintah Kota Probolinggo mengimplementasikan UU KIP tersebut. Perbaikan terus menerus diupayakan guna berpartisipasi mewujudkan terciptanya open government (pemerintahan yang terbuka) di Kota Probolinggo.

Setiap pelayanan kepada publik telah memiliki standar layanan yang mengacu pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, maka PPID Pembantu UPTD. Puskesmas Ketapang Kota Probolinggo telah menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu.

 

Sarana dan Prasarana Pelayanan Informasi dan Dokumentasi Publik Puskesmas Ketapang

 

Setiap permohonan informasi yang diajukan di lingkungan PPID  Pembantu akan dilayani sesuai dengan prosedur layanan informasi. Apabila ada permohonan informasi yang bisa dipenuhi dan tidak membutuhkan penjelasan lebih lanjut, dapat langsung dilayani  di  Ruang Layanan Pengaduan yang dikelola PPID adalah dalam bentuk hardcopy dan softcopy yang sudah mendapat legitimasi pimpinan.  Operasional layanan informasi yang dilaksanakan di Ruang Layanan Pengaduan pada jam kerja. Namun diluar jam kerja tersebut masih dimungkinkan bagi pemohon informasi untuk menggunakan haknya dan itu bisa dilakukan dengan menggunakan sarana media komunikasi yang ada tanpa harus datang langsung ke kantor UPTD. Puskemas Ketapang, seperti chat, surat, dan email. 

Selain memberikan layanan informasi atas dasar permintaan, PPID UPTD. Puskemas Ketapang Kota Probolinggo juga secara proaktif memberikan layanan informasi (mengumumkan informasi secara berkala).

Situs resmi PPID Pembantu UPTD. Puskemas Ketapang Kota Probolinggo (https://pkmketapang.probolinggokota.go.id/ ) menjadi sarana utama dalam penyampaian informasi publik UPTD. Puskemas Ketapang Kota Probolinggo yang termasuk dalam kategori informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala sesuai pasal 9 UU KIP.  Dalam situs website PPID UPTD. Puskemas Ketapang Kota Probolinggo masyarakat dapat langsung melihat transparansi informasi terbuka di UPTD. Puskemas Ketapang Kota Probolinggo.

Adapun rincian sarana dan prasarana pelayanan informasi dan dokumentasi publik dapat dirinci sebagai berikut :

1.    Website

2.    Instagram

3.    Facebook

4.    Smart Screen

5.    Contact Center (email, alamat, telepon, call center whatsapp)

-       Email            : puskesmas.ketapang.probolinggo@gmail.com

-       Alamat          : UPTD. Puskesmas Ketapang

 Jalan Raya Bromo No. 1B Kelurahan Ketapang

 Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo

 Jawa Timur 67222

-       Telepon         : (0335) 425224

-       Call Center Whatsapp : 


LINK TERKAIT